Sabtu, 20 Desember 2014

Maintenance & Repair -

Windows menyediakan banyak utiliti dan wizard berguna untuk troubleshooting
dan perawatan PC. Banyak di antaranya bisa diakses dari menu System Tools: Klik
Start*Programs*Accessories*System Tools (istilah dan path yang sesuai bervariasi
bergantung versi Windows Anda).
a. ScanDisk: Seperti yang tergambar pada namanya, ScanDisk memeriksa hard disk
terhadap fragmen file yang keliru letak dan daerah kerusakan fisik. Periksa hard
drive Anda secara teratur dengan ScanDisk. Kenaikan mendadak pada jumlah
program yang mengalami error bisa berarti kerusakan hard disk.
b. Windows XP tidak punya utiliti ScanDisk. Untuk memeriksa suatu drive di XP, klikkanan
di Explorer, pilih Properties, pilih tab Tools, dan klik Check Now pada `Errorchecking`.
Anda akan diberitahu bahwa utiliti itu butuh hak eksklusif ke beberapa file
Windows dalam disk. Bila Windows menanyakan apakah Anda ingin melakukan
pemeriksaan saat restart berikut, klik Yes kemudian OK.
c. Disk Defragmenter: Defragmen hard drive secara teratur untuk menjaganya berjalan
lebih cepat dan untuk meningkatkan peluang Anda memulihkan data jika drive
tersebut mengalami crash.
d. System Monitor: Program kecil yang luar biasa ini membantu Anda melacak banyak
jenis parameter kinerja. Anda dapat melihat grafik real- time yang menampilkan
available RAM, virtual memory, CPU usage, dan statistik lainnya. System Monitor
terutama bagus untuk melacak sumber problem memori dan mengidentifikasi
program mana yang paling membuat stres sistem Anda. (Di Windows XP, Anda bisa
menemukan System Monitor dengan memilih Start*Control Panel*Administrative
Tools*Performance*System Monitor.)
e. System Information: Utiliti ini merupakan jembatan ke beberapa tool troubleshooting
paling kuat di Windows. Pada Windows 9x, Anda akan mendapati System File
Checker, Registry Checker, dan System Configuration Utility pada menu Tools di
System Information. Di XP, tool di System Information mencakupkan Network
Diagnostics dan System Restore.
f. Manual, driver, dan software: Selamatkan segala sesuatunya! Anda mungkin dapat
mengatasi problem PC dengan mengetahui satu setting utama atau nomor model,
atau dengan menginstall ulang program. Manual yang dicetak mungkin menjadi
satu-satunya sumber nomor telepon bantuan teknis Anda. Jangan mengira Anda
dapat mendownload saja sebarang file yang mungkin Anda butuhkan kapan saja
dari Internet: Sebuah file di tangan berharga dibanding dua di Web.
g. Windows Resource Kit: Anda tidak perlu menghabiskan US$ 50 atau lebih untuk
buku referensi Windows seukuran buku telepon itu. Anda hanya perlu berkonsultasi
dengan CD Windows 9x. Di tools\reskit\setup folder, Anda akan mendapati salinan
online Windows Resource Kit dari Microsoft (versi cetak harganya US$ 70). Pergilahke Microsoft TechNet ( www.microsoft.com/technet/treeview/....asp?frame=true)
untuk Windows XP Professional Resource Kit.



Perawatan tahunan Komputer dan Jaringan mencakup :
1. System Back-up (membuat salinan/copy untuk data-data penting perusahaan yang
ada pada komputer, dan back-up copy diserahkan ke pelanggan untuk disimpan
ditempat yang aman).
2. System Optimization (defragmentasi data, membuang sampah-sampah yang ada
pada komputer, memperbaiki kesalahan setting)
3. System Rebuild (membangun dan menata ulang kembali sistem yang rusak oleh
faktor yang tidak disengaja, supaya sistem dapat bekerja kembali seperti semula)
4. System Upgrade (menambah fungsi, memperbaharui sistem yang ada sesuai
dengan permintaan pelanggan, testing stabilitas untuk hardware dan software
sebelum pemasangan)
5. Training (pelatihan, pengarahan dan konsultasi untuk pemakai supaya dapat
mengoperasikan komputer dengan baik dan benar)
6. Pembersihan Virus (melacak dan membersihkan virus dari komputer dan jaringan)
7. System Security (pemasangan dan perubahan password, untuk pengamanan
sistem dan data penting perusahaan dari orang luar yang tidak berkepentingan).
8. Penyelesaian Darurat (meyediakan personil untuk segera bertindak dalam waktu
singkat, supaya sistem dapat bekerja kembali seperti semula)
9. Personil stand-by di lapangan (Bila sistem yang berjalan belum stabil,
menempatkan personil sebagai support teknis dan pemantauan kerja sitem yang
ada sampai semua masalah terselesaikan
10. Konsultasi (menyediakan konsultasi, analisa dan saran secara professional untuk
segala hal yang berhubungan dengan komputer)
11. Perawatan Hardware Komputer (merawat hardware komputer, membersihkan
komputer, mengurangi kerusakan pada hardware)
12. Mengganti barang-barang komsumtif (mengganti tinta printer, mouse, floppy disk
yang rusak, dll)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar