Budaya
- Budaya -> hal yang mendasari nilai, kepercayaan, dan kode etik yang manjadikan masyarakat/komunitas begitu adanya
- Budaya adalah fenomena kehidupan aktif yang diciptakan manusia bersama dan menciptakan ulang dunia tempat mereka hidup (Morgan, 1977)
- Budaya bersifat subyektif
Fungsi Budaya Organisasi
Menurut Robbins (1996 : 294), fungsi budaya organisasi sebagai berikut :
- Budaya menciptakan pembedaan yang jelas
- Budaya membawa suatu rasa identitas
- Budaya mempermudah timbulnya komitmen
- Budaya merupakan perekat sosial
- Budaya sebagai mekanisme pembuat makna
Budaya Organisasi adalah pola asumsi dasar –diciptakan, ditemukan, atau dikembangkan oleh kelompok untuk belajar mengatasi masalah adaptasi eksternal dan integrasi internal- yang telah berfungsi baik dan dianggap valid untuk diajarkan kepada anggota baru sebagai jalan terbaik untuk menerima, berpikir, dan merasakan dalam kaitannya dengan masalah tersebut (Schein, 1999)
-> The way we do things around here
Ciri-ciri Budaya Organisasi Menurut Robbins (1996:289), ada 7 ciri-ciri budaya organisasi
Inovasi dan pengambilan Resiko
Perhatian terhadap detail.
Orientasi hasil
Orientasi orang.
Orientasi tim.
Keagresifan
Kemantapan.
Menciptakan Budaya Organisasi Berbagi Pengetahuan
- Jurnalis pengetahuan memulai interview orang-orang kunci untuk dokumentasi
- Melaksanakan kumpul-bersama KM – sarapan, makan siang, informal meeting, dll
- Membuat newsletter untuk publikasi inisiatif KM
- Menjalankan proyek pilot KM – intranet, dll
- Mendesain ulang ruang kerja yang memungkinkan tempat berkumpul
- Mengubah kriteria evaluasi kinerja yang mengacu pada kompetensi berbagi pengetahuan
Jenis Budaya
1.Budaya
communal
Memberikan rasa
memiliki bagi
anggota
2.Budaya
networked
Anggota diperlakukan
sebagai teman
dan keluarga
3.Budaya
mercenary
Fokus langsung
pada tujuan
4.Budaya
fragmented
Rasa memiliki sangat
rendah
Tidak ada komentar:
Posting Komentar